Rabu, 21 Agustus 2019

Latar Belakang Masalah

Dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketet.Sekarang ini kita dituntut untuk dapat mengembangkan usaha,supaya usaha kita dapat maju dan besar serta menjadi pengusaha yang sukses.Definisi pengembangan usaha itu sendiri adalah terdiri dari  sejumlah dan proses yang pada umumnya bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan peluang pertumbuhan.Tetapi pada kenyataannya untuk mengembangkan usaha yang pada awalnya dimulai dari nol besar atau baru mulai usaha sangatlah sulit.
    Banyak hambatan-hambatan yang dihadapi seperti kekurangan modal,tenaga kerja yang ahli atau terampil,kinerja keuangan usaha yang buruk dan sebagainya.Tapi hambatan-hambatan itu semua dapat diatasi dengan cara mengembangkan dan menerapkan strategi pengembangan usaha yang baik.Pengembangan usaha bukan saja dibarengi dengan modal yang banyak atau tenaga kerja yang terampil,tetapi juga harus dibarengi dengan niat dari diri kita sendiri.Dengan niat yang sungguh-sungguh kita bisa mengembangkan usaha kita menjadi lebui bsear.Jika tidak mengembangkan usaha dengan sungguh-sungguh maka sebaliknya usaha kita akan bangkrut.Cara lain yang harusa dilakukan untuk dapat menembangkan usaha dengan baik adalah dengan memberikan pendidikan meningkatkan keahlian kepada pengusaha (wirausaha) seperti memberi pelatihan workshop tentang pengembangan usaha dan sebagainya.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih kepada pengusaha terhadap pengembangan usaha yang baik.Dan perlu diingat bahwa pengembangan usaha itu merupakan bagian dari perencanaan pemasaran (marketing plan) oleh karena itu setiap pengusaha, baik pengusaha kecil maupun pengusaha besar harus mampu membuat marketing plan terlebih dahulu sebelum mengembangkan usahanya.Didalam marketing plan itu di muat hal-hal sebagai berikut seperti analisa situasi,tujuan pemasaran,anggaran pemasaran,kontrol/pengawasan terhadap pemasaran dan lain sebagainya.
1 Berdasarkan latar belakang di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan usaha yang baik itu diimulai dari diri kita sendiri walaupun banyak mengalami kendala-kendala dalam dunia usaha.Dan faktor modal bukanlah menjadi hal yang terpenting dalam mengembangkan usaha tetapi strategi bagaimana kita sebagai pengusaha dapat mengembangkan usaha yang baik.Sehingga usaha kita dapat bertahan lama dan tidak bangkrut.Dengan demikian pengembangan usaha yang baik tidak lepas dari masukan atau informasi-informasi yang sifatnya membangun untuk pengusaha.
1.2 Tujuan Penlisan Makalah.
   Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu:
  1.Untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang lebih tentang pengembangan usaha.
  2.Untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan usaha dengan baik.
  3.Untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan.
1.3 Manfaat penulisan.
1.3.1 Manfaat Akademisi.   
   Sebagai refensi dan tambahan untuk memberikan informasi kepada para pengusaha maupun lainnya tentang mengembangkan usaha dan dapat melatih kreativitas yang dimiliki setiap mahasiswa dalam menulis sebuah makalah.
1.3.2 Bagi pihak internal (pihak pengusaha/wirausaha)sebagai salah satu alat ukur untuk mengetahui tentang perkembangan usaha sedangkan bagi pihak eksternal (umum) memberikan gambaran tentang cara mengembangkan usaha.
2  1.4 Model penulisan.
1.4.1 Studi Kepustakaan
  Pengumpukan data dilakukan dengan cara mencari, dan mempelajari refensi buku-buku,situs internet serta  catatan kuliah yang berhubungan dengan objek penulis makalah sebagai subjek atau bahan dalam pembuatan penulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar