Selasa, 20 Agustus 2019

Membuat Pengguna Terus Berdatangan

Terlalu banyak perusahaan yang fokus murni pada perolehan pengguna-baru,dan tanpa sengaja mengabaikan kekuatan yang bisa mempengaruhi bisnis mereka dari retensi pengguna yang kuat.Untuk menjadi app miliar dolar yang hebat,Anda harus menguasai kedua sisi dari rumus ini,bukan hanya komponen akuisisi ( dan aktivasi)  meliankan juga bagian retensi ( semua metrik AARRR kita-singkatan yang selalu Anda ingat,yakni akuisisi,aktivasi,retensi,referal,pendapatan atau revenue adalah penting).
   Ini konsep yang sederhana:Anda harus mampu menguasai sejumlah hubungan pelanggan yang simultan dan berbada.
   Jadi,darimana memulainya?Secara umum,mari kita perkirakan berapa tingkat tetensi kita karena hanya dengan itu kita bisa mengetahui apakah cukup bagus,dan kemudian akhirnya,kita bisa melakukan sesuatu terhadap hal itu.
   MENGUKUR RETENSI
Ingat keseluruhan produk pasar? Baiklah,kini Anda tidak  perlu bertanya apakah pelanggan mencintai app Anda:Anda bisa mengukurnya dalam retensi.
   Anda akan benar-benar bahagia saat ini karena saya akan membahas tentang solusi analisis yang Anda terapkan pada proses yang sangat awal pengembangan app Anda.Jika menerapkan sebuah solusi seperti Mixpanel,maka Anda akan mampu dengan sangat mudah membuat segmentasi pengguna Anda berdasarkan tingkat retensi.
   Tingkat retensi adalah beberapa persentase kembalinya pengguna dan keterlibatan  mereka dengan app Anda dalam kurun waktu tertentu.Sebuah tingkat retensi bulanan 50 persen berarti setelah 30 hari 50 persen kelompok pengguna asal yang mengunduh app Anda datang lagi untuk kali kedua.Itu berguna untuk sejumlah alasan.
    Pertama,katakanlah Anda menambahkan kemampuan bagi pengguna untuk membayar dengan satu klik pada bulan Februari.Biasanya,Anda ingin melihat apakah itu memperbaiki tingkat retensi Anda.Jadi,Anda bisa mengecek retensi sebelum memoerkenalkan fitur itu pada bulan Januari,dan membandingkannya dengan Februari.Jika semua faktor lain setara,dan tingkat retensi lebih tinggi pada bulan Februari,berarti bagus! Sistem pembayaran satu klik adalah fitur yang berhasil.
   Begitu pula,Anda bisa menggunaka tingkat retensi itu untuk menyasar kembali para pengguna yang terlewatkan.Dengan menggali analisis,Anda bisa menyasar para pengguna yang belum membuka app Anda dalam 30,60,atau 90 hari.Anda kumpulkan beragam kampanye yang ingin Anda uji coba -kombinasi berbagai pesan,tawaran,dan kontak telepon untuk dilakukan--kemudian mengirim surel atau mengirim notifikasi ke para pengguna itu.Anda bisa mengukur hasilnya,dan melihat kampanye mana yang mambawa mereka kembali ke app Anda.
  Patut disebutkan konsep kohor bersama tingkat retensi.Kita melihat konsep kohor pada Bab.19.Kohor secara sederhana adalah kelompok pelanggan yang mulai menggunakan app Anda dalam satu kurun waktu tertentu.Misalnya,semua orang yang mulai menggunakan app Anda pada bulan Januari membentuk satu kohor pelanggan beru untuk bulan itu.Dengan menampilkan seberapa sering kohor-kohor ini kembali ke app Anda,Anda bisa mengukur apakah perubahan-perubahan yang anda lakukan pada app menjadikannya lebih atau kurang berarti bagi para pelanggan--dan apakah mereka datang lagi ke app Anda sebagai akibatnya.
   Sebuah alat analisis yang bagus akan memungkinkan Anda mengukur semua jenis metrik kunci per kohor:akuisisi,aktivasi,retensi,referal,dan biasanya pendapatan ( metrik AARRR). Dengan menggunakan kohor setiap hari,setiap pekan dan setiap bulanAnda bisa dengan cepat melihat efek yang dihasilkan dari perbaikan produk,desain,atau bahkan kinerja terhadap app Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar